PONDOK AJAIB YANG DI BANGUN OLEH JIN ? Malang


Tamassya 1
foto www.merdeka.com

Jika Akhi/Ukhti hendak lebih dekat dengan arsitektur spritual dalam pesantren, rasanya tidak lengkap jika tidak sampai ke Pesantren Salafiah Bihaaru bahri Asali Fadlaailir Rahmah yang emgah ini terletak di Desa Turen Kab Malang Jawa Timur.

kenal dengan sebutan Pondok Tiban (dibangun oleh jin) dan Masjid Ajaib. karena konon anggapan masyarakat sekitar keberadaan pesantren ini di bangun oleh Jin (pondok tiban) tetapi setelah di telusuri dengan pembuktian historis dan sanggahan dari kalangan santrinya yang juga sebagai pengurus pengelola wisata, pesantren di bangun dengan pekerjaan yang lumrah, di bangun oleh para santri dan jema'ahnya.

Tamassya 2
foto dari www.merdeka.com

catatan sejarah, pondok pesantren ini dibangun pada tahun 1978 oleh KH Ahmad Bahru Maflaluddin Shaleh al-Mahbub Rahmat Alam, Romo Kiai Ahmad sebutan santrinya lahir di Malang pada tahun 1943 dari seorang ayah Kyai Sholeh, tokoh penggerak agama di desa tersebut.

Romo Kyai Ahmad langsung belajar kepada ayahnya yang juga pernah menimba Ilmu di Tebu Ireng Jombang, berdirinya pesantren ajaib ini ketika Kyai Ahmad gelisah akan sikap duniawi sebagian besar masyarakat dan lupa akan nilai Rohani. sehingga pada saat itulah Kyai Ahmad Istikhorh untuk membangun pesantren ini.

Tamassya 3

Kemegahan pesantren ini meliputi beberapa karya arsitektur atau perpaduan seni, seperti   Timur Tengah, Cina, Thailan dan Modern. terdapat masjid yang berdiri megah, adanya ruang pertemuan yang di hias dengan nilai-nilai historisnya, dan keunikannya lagi di pesantren ini adanya kolam renang, taman hias, taman rekreasi keluarga, pemandangan aquarium yang hampir menghiasi seluruh dinding bangunan pesantren, sungguh sangat menakjubkan. Ahlan Wesahlah.


Comments
0 Comments