PESANTRENNYA ABAH ANOM (Kampung Sufi)



Masjid Nurul Asror
Seiring perjalanan Religius anda, menarik sekali di saat menelentangkan sajadah sambil menyimak siraman Rohani dan Pengajian Kitab kuning  para santri, dengan meneguhkan kalimat Dzikir dan Amal Sholeh, dikampung yang sebagian besar masyarakat umum menyebutnya sebagai "kampung sufi". Kampung Sufi  tersebut tidak lepas dari aliran Thoriqot yang diajarkan oleh sesepuh Pondok Pesantren Suryalaya Tasimalaya Jawa-Barat.

jejak historis Pondok Pesantren Suryalaya, berdiri sekitar Abad 19 pada masa penjajahan Belandan, pada 1905 oleh yeikh Abdullah bin Nur Muhammad atau yang dikenal dengan sebutan Abah Sepuh, setelah tiga tahun mendirikan Pesantren, Abah sepuh mendapatkan Gelar Khirqoh (legitimasi pengakuan sebagai Guru Mursyid) oleh Syeih Tholhah bin Talamuddin, disnilah cikal bakal aliran Thoriqot tersebut berkembang pesat pesantren ini.
Ponpes Suryalaya Tempoe Duloe. www.suryalaya.org

Perjalanan anda dipesantren ini juga mengandung banyak makna baik kekayaan nilai-nilai Rhohani yang menjadi lumbung pesantren, anda juga akan mendapat beberapa kajian sejarah tentang bukti Pesantren sebagai benteng dan pendidikan peradaban Islam Nusantra di Indonesia. 

dalam catatan sejarawan, disaat gencarnya pemberontakan DII/TII pada tahun 1956, dengan dalih daulah Islamiah di Indonesia,  Pesantres Suryalaya sepeninggalan Abah sepuh di saat diteruskan kepemimpinan oleh KHA Shohibulwafa Tajul Arifin atau Abah Anom tetap berpegang teguh dalam Negara  Indonesia, atas sikap inilah, Pesantren Suryalaya menjadi sasaran serangan pemberontakan DII, terhitung lebih dari 48 kali yang gencarkan. 
Gus Dur dan Abah Anom
 (www.padangbulan.com)

Abah Anom atau KHA Shohibulwafa Tajul Arifin merupakan Tokoh atau Ulama' Indonesia yang sangat karismatik dan disegani oleh tokoh-tokoh pemimpin bangsa Indonesia. di ceritakan bahwa Abah Anom merupakan guru spritual Presiden RI ke-4 KH Abdurahman Wahid atau Gusdur. pada masa kekholifahan beliau inilah Pesantren Suryalaya berkembang pesat baik secara Struktural Pendidikan maupun Infrastruktur pembangunan pesantren.

Kepemimpinan Kholifah Shohibulwafa Tajul Arifin inilah, pesantren suryalaya di kenal oleh seluruh kalangan pedalaman Indonesia atas pengayoman santri dan ajaran Thoriqotnya Qodiriyah wa Naqsyabandiyah yang berkembang pesat dengan ribuan jema'ahnya, dari pula hingga sampai keluar Negri seperti Singapur, Malaysia, Brunai Darussalam dan Thailan,  
suasana pendidikan di pps

gedung kampus 
Abah Anom juga sangat berperan penting terhadap sekitar pensantren, sebagai penggerak dan peduli terhadap nilai-nilai sosial, pendidikan, pertanian, kesehatan, lingkungan hidup dan kenegaraan. dalam meneguhkan Iptek dan Iptak kepada para santrinya. 

adapun kekaromahan Abah Anom banyak disaksikan oleh ulama'ulama' Indonesia, dengan kesaksiaanya, bahwah Abah Anom memiliki kedekatan khusus dalam dunia spritual sehingga pantas dikatakan sebagai kekasih Allah. beliau terlahir dari pesantren yang notabeninya benteng pendidikan Indonesia, lebih 1 abad pesantren suryalaya ini berdiri hingga sampai keseharian dalam pengabdiannya tersebut.  

Bangunan yang sederhana itu, merupakan salah satu peninggalan dunia islam dan didataran tanahnya yang subur, alamnya yang cerah dan berduyung-duyungnya pepohonan yang rindang sengan daunya menerjagkan kesunyian dan menciptakan keindaha. dan di tempat yang ini bersemayam seseorang kekasih Allah SWT. 

Subhanallah, semoga senantiasa kita bersama orang yang alim dan kekasih Allah. dan semoga di ampuni dan diterima disisi Allah bagi yang mendahului kita. dan semoga mendapatkan barokahnya. Amin wa Jazakumullah.

darut-tho'am 9.25 31-12-15

First
Comments
0 Comments