PP NURUL HAKIM. PESANTREN LOMBOK BAGIAN BARAT NTB



Pondok Pesantren Nurul Hakim Nusa Tenggara Barat menjadi bagian periodeisasi Islam di Indonesia bagian ujung Barat. karena perkembangnya Islam di Lombok, tidak lepas dari pengaruh berdirinya pendidikan pesantren yang hingga saat ini tetap bertahan walaupun masa gencarnya penjajahan jepang di Lombok yang menutupi ruang pendidikan Pesantren.

PP Nurul Hakim, Bertempat di pulau Lombok yang merupakan kepulauan Propinsi Nusa Tenggara Barat, pulau Lombok dikenal sebagai salah satu tempat pariwisata di Indonesia, salah satunya Gunung Rinjani dan tentunya dengan menempatkan Pesantren Nurul Hakim sebagai salah satu Wisata Religi di Pulau Lombok.

Menempatkan Pesantren Nurul Hakim sebagai salah satu Wisata Religi yang fenominal, tidak lepas dari pegaruh  Pesantren sebagai bagian penting berkembangnya pendidikan Islam di Indonesia bagian Barat, dan di samping itu juga Pesantren ini sebagai lembaga pendidikan Islam khas nusantara (Pesantren) yang memiliki ribuan santri dan puluhan ribu alumninya.

Pondok Pesantren Nurul Hakim Kediri Berdiri pada tahun 1387 H /1948 M dan dalam catatan sejarah, dari beberapa argumentasi tentang berdirinya Pesantren ini, bahawa 25 tahun sebelumnya Pesantren sudah berdiri yang di rintis oleh TGH Abdul Karim setelah mengenyam pendidikan Islam di Timur Tengah.

awal mula pendidikan Pesantren Nurlul Hakim. hanyalah menjadikan bangunan Mushollah sebagai ruang pendidikan. hingga berjalannya waktu, berdirinya Pesantren yang menyesuaikan dengan modernisasi pendidikan dan dibangunnya ruang pendidikan yang besar hingga Perguruan tinggi.


Setelah wafatnya TGH Abdul Karim, Pondok Pesantren Nurul Hakim diteruskan oleh putranya TGH Shafwan Hakim yang memimpin sampai saat ini, semoga Allah memberikan umur yang panjang. TGH Shafwan Hakim merupakan ulama tersohor di NTB, kedekatan beliau dengan masyarakat dan keahliannya membawa Pesantren Nurul Hakim menjadi salah satu transformasi islam bagi ummat dan masyarakat dalam bersosial dan bernegara.

pada masa kepemimpinan beliau inilah, pesantren berkembang pesat dengan menyesuaikan perkembangan pendidikan dan memperluas bangunan pesantren sehingga menjadika pesantren ini sebagai salah satu pesantren terbesar di Pulau Lombok dan mendirikan lembaga/sekolah yang di akui oleh pemerintah hingga membentuk Perguruan Tinggi dalam pesantren.

Perjalanan anda di pulau sumbawa ini, akan terasa bermakna dengan aneka ragam kebudayaan masyarakat yang sudah mengakar dengan nilai-nilai rhohani Islam dan tentunya setiap perjalan di pesantren ini akan menguatkan keyakian kita terhadap indahnya Islam indonesia yang kental dengan ala santri dan harmonisasi kemasyarakat.sukron


Comments
0 Comments