PESANTREN PERUT BUMI (PESANTREN DIDALAM TANAH)


Pesantren Perut Bumi di Dusun Wire Kab Tuban Jawa Timur,  merupakan Pesantren yang tergolong unik, karena saat menyelusuri lorong-lorong Gua tersebut di atasnya terdapat tulisan  Pondok Pesantren Syekh Maulana Maghrobi.

Nama Pesantren Syeikh Maulana Maghrobi ini di ambil dari salah satu nama Wali Songo, di anggap pernah singgah atau bertapa di lokasi Gua pesantren dan ini menggambarkan sebuah kekaramatan dan satu peninggalan Para Wali di Indonesia. Tuban yang tidak jauh dari Surabaya, pada Abad ke-14 menjadi salah satu pintu masuk kerajaan Majapahit. dan pada saat itulah Tuban menjadi salah satu pusat pergerakan Islam di Nusantara.

Adapun Pesantren Perut Bumi.  berdiri pada malam suro tahun 2001 dan tergolong baru di Indonesia. pesantren ini berdiri disaat KH Subhan Mubarok, pimpinan dan pendiri Pesantren Perut Bumi mendapatkan bisikan Ghaib tentang kekaramatan sebuah tanah yang pada saat itu menjadi tempat penumpukan sampah dan lain sebagainya.

Sebagaimana di kisahkan oleh KH Subhan Mubarok, setelah mendapatkan bisikan langsung bergegas dan membeli tanah tersebut yang kemudian hari di sulap menjadi Pesantren dan saat hendak membabat Pesantren Perut Bumi ini, KH Subhan Mubarok sempat di tolak oleh Bupati Pemda  Kab Tuban karena Gua tersebut milik Negara.


Disebut Pesantren Perut bumi, tidak lepas dari exstrimnya bangunan pesantren, yang di bangun didalam tanah seluas 3 hektar  terdapat Gua yang dibangun sebuah pesantren dan masjid berdiri megah dengan model arsitektur yang menggambarkan sebuah lorong-lorong Gua. Dan di dalam gua inilah pendidikan agama tetap berlangsung sebagaimana Pondok Pesantren pada umumnya.

Setelah berdirinya Pesantren Perut Bumi, di daerah Kab Tubab ditemukan juga sebuah Gua yang kemungkinan juga bernilai religius dan terdapat didalam tanah dan tumpukan sampah dan inilah menggambarkan Kab Tuban sebagai sebagai kota seribu Gua.

Masjid Ashbabul Kahfi yang berada di lokasi Ponpes Perut Bumi. www.goodnewsfromindonesia.com
Comments
0 Comments