PONDOK PESANTREN KRAPYAK YOGYAKARTA


Krapyak, merupakan nama Desa di Kraton Hadiningrat Djogjakarta. tetapi nama Krapyak lebih di kenal sebagai nama Pesantren terbesar di kota gudeg ini, hal tersebut tidak lepas dari berdirinya Pondok Pesantren tertua di Jogjakarta yans sudah mencapai 1 Abad.

Pondok Pesantren Krapyak merupakan bagian penting perkembangan Islam di Jogjakarta. Berdiri pada tahun 1911 oleh Alm. KH, M Moenawwir, Pesantren ini mampu menjadi salah sentral kaderisasi Pemuda Nahdiyyin.

KH. M Moenawwir merupakan Putra dari KH. Abdul Rosyad, tokoh ulama' pada saat itu dan di ceritkan bahwa Kyai Muonawwir sudah hafal 30 Juz Al -Qur'an saat masih  umur 10 tahun. kedekatannya dengan ulama'-ulama tradisional dan kecintaan terhadap perjuangan Agama Islam, Ayahnya Kyai Abdul Rosyad mengirim Moenawwir kecil ke tokoh ulama' tersehor pada saat itu. yaitu KH.M Kholil Bangkalan (Syaichona Kholil Bangkan) yang di kenal sebagai guru para wali dan sejuta pesantren (baca terbitan pertama #wisatapesantren)

Pada saat mondok di Bangkalan, Kyai Moenawwir mendapat kesan tersendiri di hati Gurunya, kepasihan dalam membaca AL-Qur'an dan kealimannya terhadap Ilmu Al-Qur'an pada suatu ketika Gurunya Bah Kholil meminta Moenawwir untuk menjadi Imam Sholat sedang Kyai Kholil pada saat itu menjadi ma'mum. Subhanllah.Setetlah dari bangkalan pada tahun 1888 Kyai Moenawwir bermukim di Makkah dan belajar Al-Qur'an kurang lebih sekitar 20 tahun dan pulang dari Makkah, Kyai Munawwir mengajar mengaji di rumahnya di Kauman belakang Masjid Alun-Alun Jogjakarta.

Bermula dari sepuluh santri yang belajar mengaji, santri Kyai Munawwir terrus bertambah banyak. dan kerena itulah beliau memindahkan tempat pengajiannya dari Kauman ke desa Krapyak yang pada saat ini dikenal sebagai kawasan santri di Jogjakakarta dan beridirilah Pesantren tersebut dan beberap cabang pesantren yang dibawah naungannya.

Pada mulanya Pondok Pesantren Krapyak Yogyakarta lebih menenkankan terhadap Ilmu Al-Qur'an baik secara balgha, metode hafalan (hafid) dan pengenalan Ilmu Tajwid. begitu juga terhadap penekanan Ilmu Tafsir atau Tafsir Al-Qur'an.

hingga saaat ini, Pesantren  Krapyak mampu menunjukkan pembinaan terhadap umat dan menyiapkan kader-kader bangsa yang ber-integritas dan berpijak terhadap nilai-nilai Aswaja dan kebangsaan yang kokoh. seperti salah satu alumninya KH Musthofa Bisri (Ulama NU), KH As'ad Ali (wk BIN) dan Gus Dur (Presiden RI yang ke4).

DIkrapyak inilah lembaga pendidikan agama baik formal dan no formal berdiri, seperti pendidikan agama dari MI, SD, Sekolah Tinggi hingga pendidikan tertinggi dalam bidang Fiqih dan Al-Qur'an seperti Ma'hat Aly dan Tahfidz. adapun pendidikan umum merupakan salah satu penyesuaian dan langkah kongrit pesantren dalam mewujudkan integritaskan dengan penalaran ASWAJA.

wisata anda akan bersanding dengan nilai-nilai rohani disaat melewati sepanjang jalan Krapyak yang mayoritas pejalan kaki dan sekitar toko-toko merupakan pemuda-pemudi yang bersarung. adapun letak geografis Pondok Pesantren di krapyak berada di kawasan wisata strategis di Jogjakarta, sekitar 1 km arah selatan dari alun-alun kidul, berdekatan langsung dengan Kraton Yogyakarta dan antara 3 km dari arah Malioboro.

Comments
0 Comments