PESANTREN BALEKAMBANG, DI KOTA UKIR JEPARA


Balekembang,  nama desa yang lebih dikenal dengan nama pesantren di kota ukir Jepara Jawa Tengah. merupakan salah satu pondok pesantren tertua di jepara dan memiliki sejarah panjang terhadap peran pesantren dan agama, pesantren dan negara dan tokok seorang Kyai terhadap penjajahan belanda. adapun Pondok Pesantren Balekambang merupakan salah satu Pondok Pesantren yang berdiri di Abad ke-18 M tepatnya pada tahun 1884 M oleh KH Hasbullah (Bah Hasbullah) putrah Bah Tasmin yang berasal Mataram dan memiliki trah keturunan dari kesultanan Demak .

KH Hasbullah atau Bah Hasbullah merupakan tokoh ulama' karismatik pada masanya, banyak santri yang dididiknya merupakan tokoh ulama terkemuka di Indonesia, beliau dikenal sebagai seorang yang sangat mengagumi sifat dan sabda Rasulullah SAW. kiprah Bah Hasbullah sangat gigih dalam memperjuangkan dan menyebarkan Agama Islam, dengan keistiqomahannya mengajar dari masjid ke masjid dan tiada letih untuk mengamlkan ilmu.

Salah satu kekaromahan, dikisahkan  Bah Hasbullah pada masa penjajahan Belanda pernah di tangkap oleh Belanda, disaat beliau di tangkap dan hendak di bawa kekantor satanata pecagaan markaz Belanda pada saat itu, mobil yang di tumpangi oleh gerombolan penjajah tersebut tidak bisa keluar dari kawasan Balekambang, konon, belanda tidak bisa menyebut nama Bah Hasbullah.

disamping itu, salah satu kekaromahan KH Hasbullah ialah di saat mendirikan pesantren di kawasan yang merupakan kandang preman (bajingan), konon Kyai Hasbullah sangat di benci dan caci oleh kalangan bajingan tersebut. saat Bah Hasbullah di cari dan bertemu, preman tersenbut tiba-tiba tunduk dan patuh di hadapan KH Hasbullah.

Menurut anggapan masyarakat jepara, Pesantren Roudlotul Mubtadiin atau Pondok Balekembang merupakan pondok induk yang menjadi keharusan bagi orang jepara sebelum mondok diluar jepara untuk  mengenyam dibalekambang terlebih dahulu, sebagai isyarat kerohanian santri.

Konon pesantren ini, dulunya juga memiliki santri dari kalangan jin islam pada saat KH Hasbullah membabad pondok pesantren, setelah masa kepemimpinan Bah Abdullah oleh putranya penerus kholifah pesantren, santri kalangan jin di pindahkan di Kalibarat, dikisahkan kerajaan jin bertempat di kalibarat yang merupakan sungai di di barat pesantren. atas hal itulah,  sungai yang di kelingi oleh bambu yang rimbun dan air yang jernih santri tidak di perbolehkan mandi disungai tersebut sampai saat ini.

PESANTREN BALEKAMBANG DARI MASA KEMASA (Selanjutnya di...)
Comments
0 Comments