PERADABAN CORDOBA SPANYOL (KAJIAN DUNIA ISLAM)




Peninggalan Dinasti UMAYYA II di CORDOBA (SPANYOL)
di tempat ini sastrawan, filsuf islam dilahirkan (foto dari http://www.spain.info/)
Sekitar Abad ke-2 H atau Abad ke-7 M, peralihan kekuasaan ditimur dari bani Umayah ke Banni Abbasiah, peralihan tersebut membumihanguskan dinasti Umayyah yang berkuasa hampir 1 Abad. Perlahan kekuasaan islam tersebut diwarnai dengan banyak pembantaian antara saudara seiman, yang sudah sering kali terjadi pada periode komflik struktural politica manusia pada saat ini. 

Beralihnya kekuasaan Dinasti tidak mempengaruhi jatuhnya kebudayaan dan seni literatur Arab, hal tersebut tidak lepas dari keberadaan seni atau puisi yang berkaitan erat dengan budaya dan bahasa arab yang sudah menyatu dalam islamisasi dan arabisasi.

pada masa ini, kejayaan Islam berkibar di Eropa dengan literatur seni dan gerakan Intelektual yang memperkenalkan Filsafat kepada Dunia yang sempat di tolak oleh Greja di Eropa tetapi di terima oleh kalangan Muslim.  Periode dimulai pada tahap pembentukan pemerintahan yang disebut sebagai Umayyah II  di Andalusia Spanyol, dibawah pemerintahan Abdurrahman Ad-Dakhil dan keturunannya periodeisasi Islam sampai tahun 238 H / 852 M, dan hal ini menjadi cikal bakal atau awal dari masuknya literatur, seni dan kebudayaan Arab di Eropa.  
 
Berkembangnya Puisi, Musik atau Syair Arab di Andaulusia tidak lepas oleh terpesonanya peradaban Arab pada saat itu dan sadar akan kelemahan dalam bidang seni, puisi, filsafat dan saint pada bangsa Eropa sehingga terjadinya proses Arabisasi Islam.
  Disamping itu, pada masa Dinasti Cordoba, Bahasa Arab sebagai Bahasa Administrasi, Bahasa pemersatu dan sehingga keberadaan Bahasa Arab menjadi bahasa utama bagi masyarkat Adaulusia, bahkan menomorduakan Bahasa Spanyol.

Orang-orang yang berbicara dengan Bahasa Arab pada saat itu merupakan pembawa obor kebudayaan dan peradaban penting yang menyeruak menembus seluruh pelosok dunia. Adapun fondasi bagi perkembangan seni musik di spanyol diletakkan pertama kali oleh Ziryad yang datang dikordoba pada 822 M.

Nex  1   2   3
Comments
0 Comments