PESANTREN TIONGHOA - POLA MANDARIN-CINA (PONDOK AT-THOYYIB MU'ALAF TIONGHOA)


GONG XI FAT CHAI (Selamat Tahun Baru Imlek) #wisatapesantren.
Tahun baru Cina atau Imlex saat ini sangat serat dengan nilai Pluralitas dan Pluralisme sosial bagi masyarakat umum tanpa menyudutkan dan menganut banyak agama. tentunya dengan tetap berpegang terhadap Agama Islam atau agama yang satu untuk di anut bagi penduduk sebuah Negara.

Perjalanan religi ditempat ini tentunya dengan meneguhkan Iman yang satu, menyebarkan niali-nilai religi dan cinta akan kebudayaan Indonesia (pluralitas sosial). sangat menarik jika liburan anda saat ini mengunjungi Pondok Pesantren At-Taibin atau yang lebih dikenal sebagai Pondok Pesantren model bangunan Klanteng Cina, yang didirikan oleh seorang Mu'allaf Teonghoa.

Secara letak goegrafis Pesantren ini terletak di kampung Bulak Rata, Pondok Rajek, Cibinong Kab Bogor Jawa Barat. dan dilintasan perjalanan di saat anda menginjakkan kaki di sekitar Pesantren berdiri sebuah tembok (gerbang) yang berukuran dan tinggi bangunannya tiga meter, dibangun mirip dengan nuansa terlarang, warna cerah sepertti klanteng dan tulisan-tulisan islam dengan Bahasa atau tulisan Mandarin.

Pesantren ini memiliki pesan moral terhadap Identitas pemiliknya, yang dibangun oleh seorang mua'allaf dari etnis Teonghoa dan merupakan seorang mantan Napi. dan Pesnatren ini merupakan perpanjangan dari perjalanan religinya disaat meeguhkan iman dan menyebarkan kaliman Dzikir dengan kelompok jama'ahnya At-Taibin yang kemudian menjadi nama Pondok Pesantren.

Sejarah berdirinya Pesantren ini  bermula pada tahun 1994, bermula dari jama'ah Dzikir At-Taiban yang di bentuk oleh KH. Zainuddin MZ, dan dalam perjlaanan jama'ah dzkir ini menjadi awal mula berdirinya pesantren disaat Anton Medan yang merupakan seorang narapidana bertaubat dan memeluk agama Islam pada tahun 1998.

sebelum membangu pesantren ini, KH. Anto MednN mempelajari arsitektur bangunan yang pas untuk pesantren At-Taibin hingga saatnya dia menemukan sebuah arsitektur yang pas yaitu model bangunan arsitektur Istana-Istama dinasti Ming, Ching dan Hang. dan di dalam pesantren inilah terdapat Masjid Tan Kok Liong yang tidak seperti lazimnya Masjid.



Comments
0 Comments