PONDOK SUNAN PANDANARAN YOGYAKARTA


Pondok Pesantren Sunan Pandanaran merupakan salah satu pesantren terbesar di Yogyakarta, pesantren ini terletak di Dusun Candi Desa Sardonoharjo Sleman atau Jln Kaliurang KM 12,5 merupakan pesantren yang memiliki sejarah panjang terhadap perkembang Pendidikan Islam daerah kraton yogyakarta ini. Nama pesantren ini di ambil dari salah seorang tokoh penyebar agama islam yang pernah hidup pada masa kesultanan demak di abad ke-16, yaitu Ki Agang Pandan Arang  yang bergelar Pangeran Mangkubumi dan lebih dikenal sebagai Sunan Pandanaran III. nama sunan pandanaran juga merupakan bagian dari dinasti kerajaan yang pernah berdiri setelah atau waktu masa kesultanan Demak.

Pondok Pesantren Sunan Pandanaran beridiri pada tahun 1975 yang didirikan oleh KH. Mufid Mas'ud, seorang ulama' terkemuka dan salah satu pengasuh dipesantren Al-Munawwir Krapyak. KH Mufid Mas'ud mendirikan pesantren setelah bersilaturrahim dan mendapatkan sebuah rohaniah atau pertanda isyarah dari KH Hamid bin Abdullah bin Umar Basyaiban BaAlawi atau Bah Hamid Pasuruan untuk mendirikan pesantren dengan Ilmu Al Qur'an. Bah Hamid Pasuruan merupakan seorang  ulama tersohor dan dikenal dengan kedekatannnya dengan sang kholiq (sebagai kekasih Allah/ Wali Qutub).

di Pesantren Sunan Pandanaran inilah, ribuan santri yang sedang mengaji, belajar dan menunaikan kewajibannya sebagai penghuni pesantren, menjadikan wilayah di sekitar pesantren dengan nuasa religi yang melekat pada masyarakat lokal. dan dunia pendidikan yang dikembangkan oleh Pesantren sunan pandanara, pada mulanya mengenalkan pendidikan Al-Qur'an atau pendalaman Ilmu Al-Qur'an hingga pada saat ini dengan menempatkan pesantren sebagai sentral pendidikan Agama dan menslaraskan dengan pendidikan umum.


Pendidikan agama yang di lembagakan, juga terdapat pendidikan umum seperti SD, SMA sampai perguruan Tinggi (PT), pendidikan bagi calon serjana setara 1 dan 2 untuk menempatkan santri sebagai pengerak pengetahuan dan peradaban Nusantara. adapun Falsafah pendidikan Pesantren Sunan Pandanaran, menjadikan Ilmu Al-Qur'an sebagai sentral pendidkan yang harus di ajarkan dan di utamakan. sehingga dengan inilah peradaban Islam mulai muncul dari pesisir gunung merapi ini, dengan mendidik santri denagn ketekunan ilmu pengetahuan, keyakinan agama dan bela negara.

Pada tahun 2015 yang lalu Pesantren Sunan pandanaran menjadi tempat digelarnya pertemuan atau Kongres DPP GP Anshor yang merupakan lembaga pemuda terbesar di Indonesia yang berada di bawah naungan PBNU, dengan ribuan kadernya yang mengukuhkan kedaulatan Negara dna resolusi kepemimpinan, menjadikan Pesantren Sunan Pandanaran pada saat itu sebagai sentral kepemudaan dalam mengawal NKRI.
Comments
0 Comments